Ubah Perilaku Buruk Jadi Akhlak Yang Baik

Perbaiki perilaku buruk anda dan ubah interaksi anda dengan orang lain! Rasulullah menekankan pentingnya perilaku ini. Banyak orang memiliki masalah dengan perilaku buruk mereka, sehingga rekan-rekan mereka cenderung menghindar dan tidak mau terikat dengan mereka … sampai mereka menyadari bahwa satu-satunya yang harus disalahkan adalah diri mereka sendiri. Tips berikut akan membuka jalan menuju kebahagiaan, selama anda meningkatkan cara anda berpikir …

Fokus pada satu perilaku yang bermasalah … dan bukan pada semuanya!

Jika anda mencoba untuk menyelesaikan dua perilaku yang bermasalah secara bersamaan … anda mungkin akan membuat kesalahan! Hal ini penting untuk menetapkan target, yang memicu "keinginan" anda untuk berinteraksi dengan orang lain. Anda dapat menangani masalah ini sendiri, atau meminta bantuan dari seorang profesional, sehingga anda dapat fokus pada satu masalah dan mendapatkan dukungan.

Jujurlah dengan diri sendiri

Cobalah untuk mengatakan kebenaran pada diri sendiri dan anda akan menyadari bahwa beban masalah anda akan berkurang. Anda mungkin perlu berurusan dengan konsekuensi dari tindakan anda untuk melanjutkan ke langkah berikutnya. Jernihkan pikiran dan temukan sumber masalah yang anda hadapi, sehingga anda dapat "memukul" pusat dari masalah! Jangan takut, namun akui kesalahan anda!

Koreksi apa yang tidak anda sukai dalam kehidupan sehari-hari

Untuk dapat menyelesaikan setiap masalah dari perilaku anda, anda harus terlebih dahulu menghapus banyak hal yang dapat "menghidupkan kembali" masalah tersebut! Jika anda melihat bahwa pekerjaan anda membuat anda marah, mungkin sekarang saatnya untuk mencari sesuatu yang baru; dan jika penyebabnya adalah utang, maka mungkin anda harus berhenti membatasi pengeluaran. Coba segala cara untuk menyingkirkan hal-hal yang membuat anda kehilangan kendali atas hidup Anda.

Ubah sikap anda untuk hidup … catat perilaku anda!

Musik dan pekerjaan, media tersebut dapat membimbing sikap anda. Aneh memang kedengarannya! Hal ini berguna untuk membuat catatan di mana anda dapat merekam pikiran dan perasaan secara teratur. Dengan cara ini, anda dapat mengevaluasi perilaku anda saat ini, termasuk kesalahan dalam bersikap, sehingga dapat melemahkan perilaku negatif anda.

Perhatikan cita-cita hidup anda

Setiap orang memiliki seperangkat cita-cita, yang dapat menentukan kehidupan dan pekerjaan mereka. Terserah anda bagaimana membawa perilaku anda lebih dekat dengan cita-cita, sehingga anda bukan saja dapat menyesuaikan tindakan anda, tetapi juga reaksi anda berdasarkan versi yang lebih baik dari anda. Jika anda menjalani kehidupan dengan nilai-nilai seperti harga diri atau penghargaan dari orang lain, anda akan dapat menangani masalah-masalah sulit dengan kritik diri dan keberanian.

Cari dorongan untuk perilaku baik

Untuk dapat menghilangkan perilaku buruk dari hidup anda, anda harus memiliki dorongan positif setiap hari. Secara khusus, anda harus menghabiskan setidaknya lima menit sehari mempelajari sikap dan reaksi yang perlu dirubah.

Dorongan, bagaimanapun, anda dapat menemukannya di mana saja … dari percakapan dengan seorang teman atau mendengarkan musik sambil berjalan di alam! Dengan ini anda akan bisa mendapatkan lebih banyak tenaga yang diperlukan untuk perubahan dalam sikap anda.

Jangan mencoba untuk terlihat seperti orang lain

Kunci untuk bergerak ke arah perbaikan perilaku anda, adalah dengan menerima unsur-unsur dari diri sendiri dan menemukan kekuatan untuk mengendalikan pikiran anda. Jika anda mencoba untuk terlihat seperti orang lain, anda akan frustrasi dan pada akhirnya tetap berperilaku buruk dalam hidup dan pada orang lain. Selain itu, jika anda tidak dalam situasi damai dengan diri sendiri … bagaimana anda bisa menjadi manusia yang lebih baik?

Belajar dari masalah-masalah kehidupan

Melihat orang-orang yang bertahan hidup melewati hal-hal terburuk bisa menjadi inspirasi yang anda butuhkan untuk memperbaiki perilaku anda. Dalam kebanyakan kasus, masalah terdekat dapat mempengaruhi anda dan membantu anda berpikir secara berbeda. Bahkan, siapa tahu? Sebuah sentakan dalam hidup dapat menyebabkan anda untuk mengubah cara berpikir anda.
Dan kemudian perilaku buruk itu menjadi perilaku yang baik, sebagaimana Rasulullah telah mengingatkan akhlak yang baik ini. Berikut ini beberapa hadist tentang akhlak yang baik ini :
1. Paling dekat dengan aku kedudukannya pada had kiamat adalah orang yang paling baik akhlaknya dan sebaik-baik kamu ialah yang paling baik terhadap keluarganya. (HR. Ar-Ridha)

2. Tidak ada sesuatu yang lebih berat dalam timbangan (pada hari kiamat) dari akhlak yang baik. (HR. Abu Dawud)

3. Ummu Salamah, isteri Nabi Saw bertanya, "Ya Rasulullah, seorang wanita dari kami ada yang kawin dua, tiga dan empat kali lalu dia wafat dan masuk surga bersama suami-suaminya juga. Siapakah kelak yang akan menjadi suaminya di surga?" Nabi Saw menjawab, "Dia disuruh memilih dan yang dia pilih adalah yang paling baik akhlaknya dengan berkata, "Ya Robbku, orang ini ketika dalam negeri dunia paling baik akhlaknya terhadapku. Kawinkanlah aku dengan dia. Wahai Ummu Salamah, akhlak yang baik membawa kebaikan untuk kehidupan dunia dan akhirat." (HR. Ath-Thabrani)

4. Kamu tidak bisa memperoleh simpati semua orang dengan hartamu tetapi dengan wajah yang menarik (simpati) dan dengan akhlak yang baik. (HR. Abu Ya'la dan Al-Baihaqi)

5. Kebajikan itu ialah akhlak yang baik dan dosa itu ialah sesuatu yang merisaukan dirimu dan kamu tidak senang bila diketahui orang lain. (HR. Muslim)

6. Ya Rasulullah, terangkan tentang Islam dan aku tidak perlu lagi bertanya-tanya kepada orang lain. Nabi Saw menjawab, "Katakan: 'Aku beriman kepada Allah lalu bersikaplah lurus (jujur)'." (HR. Muslim)

7. Jauhilah segala yang haram niscaya kamu menjadi orang yang paling beribadah. Relalah dengan pembagian (rezeki) Allah kepadamu niscaya kamu menjadi orang paling kaya. Berperilakulah yang baik kepada tetanggamu niscaya kamu termasuk orang mukmin. Cintailah orang lain pada hal-hal yang kamu cintai bagi dirimu sendiri niscaya kamu tergolong muslim, dan janganlah terlalu banyak tertawa. Sesungguhnya terlalu banyak tertawa itu mematikan hati. (HR. Ahmad dan Tirmidzi)

8. Di antara akhlak seorang mukmin adalah berbicara dengan baik, bila mendengarkan pembicaraan tekun, bila berjumpa orang dia menyambut dengan wajah ceria dan bila berjanji ditepati. (HR. Ad-Dailami)

9. Tidak ada kemelaratan yang lebih parah dari kebodohan dan tidak ada harta (kekayaan) yang lebih bermanfaat dari kesempurnaan akal. Tidak ada kesendirian yang lebih terisolir dari ujub (rasa angkuh) dan tidak ada tolong-menolong yang lebih kokoh dari musyawarah. Tidak ada kesempurnaan akal melebihi perencanaan (yang baik dan matang) dan tidak ada kedudukan yang lebih tinggi dari akhlak yang luhur. Tidak ada wara' yang lebih baik dari menjaga diri (memelihara harga dan kehormatan diri), dan tidak ada ibadah yang lebih mengesankan dari tafakur (berpikir), serta tidak ada iman yang lebih sempurna dari sifat malu dan sabar. (HR. Ibnu Majah dan Ath-Thabrani)

10. Menghemat dalam nafkah separo pendapatan (belanja), dan mengasihi serta menyayangi orang lain adalah separo akal, sedangkan bertanya dengan baik adalah separo ilmu. (HR. Ath-Thabrani)

11. Kemuliaan orang adalah agamanya, harga dirinya (kehormatannya) adalah akalnya, sedangkan ketinggian kedudukannya adalah akhlaknya. (HR. Ahmad dan Al Hakim)

12. Kebijaksanaan adalah tongkat yang hilang bagi seorang mukmin. Dia harus mengambilnya dari siapa saja yang didengarnya, tidak peduli dari sumber mana datangnya. (HR. Ibnu Hibban)

13. Kalau kamu sudah tidak punya malu lagi, lakukanlah apa yang kamu kehendaki. (HR. Bukhari)

14. Tidak ada sesuatu yang ditelan seorang hamba yang lebih afdhol di sisi Allah daripada menelan (menahan) amarah yang ditelannya karena keridhoan Allah Ta'ala. (HR. Ahmad)

15. Seorang sahabat berkata kepada Nabi Saw, "Ya Rasulullah, berpesanlah kepadaku." Nabi Saw berpesan, "Jangan suka marah (emosi)." Sahabat itu bertanya berulang-ulang dan Nabi Saw tetap berulang kali berpesan, "Jangan suka marah." (HR. Bukhari)

16. Barangsiapa banyak diam maka dia akan selamat. (HR. Ahmad)

17. Hati-hatilah terhadap prasangka. Sesungguhnya prasangka adalah omongan paling dusta. (HR. Bukhari)

18. Bukan akhlak seorang mukmin berbicara dengan lidah yang tidak sesuai kandungan hatinya. Ketenangan (sabar dan berhati-hati) adalah dari Allah dan tergesa-gesa (terburu-buru) adalah dari setan. (HR. Asysyihaab)

19. Seorang yang baik keislamannya ialah yang meninggalkan apa-apa yang tidak berkepentingan dengannya. (HR. Tirmidzi)

20. Dekatkan dirimu kepada-Ku (Allah) dengan mendekatkan dirimu kepada kaum lemah dan berbuatlah ihsan kepada mereka. Sesungguhnya kamu memperoleh rezeki dan pertolongan karena dukungan dan bantuan kaum lemah di kalangan kamu. (HR. Muslim)

21. Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia. (HR. Al Bazzaar)

22. Barangsiapa rendah hati kepada saudaranya semuslim maka Allah akan mengangkat derajatnya, dan barangsiapa mengangkat diri terhadapnya maka Allah akan merendahkannya. (HR. Ath-Thabrani)

23. Allah mewahyukan kepadaku agar kamu berprilaku rendah hati agar tidak ada orang yang menzalimi orang lain atau menyombongkan dirinya terhadap orang lain. (HR. Ahmad)

25. Sifat malu adalah dari iman dan keimanan itu di surga, sedangkan perkataan busuk adalah kebengisan tabi'at dan kebengisan tabi'at di neraka. (HR. Bukhari dan Tirmidzi)

26. Sesungguhnya cemburu (yakni cemburu yang wajar dan masuk akal adalah bagian) dari keimanan. (HR. Al-Baihaqi dan Ibnu Babawih)

27. Kebajikan ialah akhlak yang baik dan dosa ialah sesuatu yang mengganjal dalam dadamu dan kamu tidak suka bila diketahui orang lain. (HR. Muslim)

28. Mintalah fatwa (keterangan hukum) kepada hati dan jiwamu. Kebajikan ialah apa yang menyebabkan jiwa dan hati tentram kepadanya, sedangkan dosa ialah apa yang merisaukan jiwa dan menyebabkan ganjalan dalam dada walaupun orang-orang meminta atau memberi fatwa kepadamu. (HR. Muslim)

24. Orang yang membawa (mengangkut) sendiri barang dagangannya maka dia terbebas dari kesombongan. (HR. Al-Baihaqi).
Mari perbaiki niat, semoga Allah memberi pahala.
[ilmu/motivasi/buku1001hadist]

0 Comment "Ubah Perilaku Buruk Jadi Akhlak Yang Baik"

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca...!!!

Thank you for your comments