Bersemangatlah

Berkata Syaikh Ibnu 'Utsaimin rahimahullah:

Sabda Rosulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam:

احرص علی ما ينفعك واستعن بالله ولا تعجز

(Bersemangatlah pada hal-hal yang bermanfaat untukmu, minta tolonglah kepada Allah dan jangan menyerah)

Sebuah kalimat nan agung, yang jika ditimbang dengan bumi, pasti bisa mengimbanginya.

Bersemangatlah pada hal-hal yang bermanfaat bagimu, dalam perkara agama, dunia dan semua perkara yang bermanfaat bagimu.

Dan minta tolonglah kepada Allah, jangan bersandar pada kemampuan dan semangatmu saja. Sesungguhnya jika anda bersandar pada kemampuan dan semangatmu maka pasti anda akan dihinakan. Tetapi, kerjakanlah sebab-sebab itu disertai dengan permintaan tolong kepada Allah.

Dan jangan menyerah, yakni jangan malas. Sebagian manusia, tatkala bersemangat untuk sesuatu yang bermanfaat baginya, lalu dia berusaha meraihnya, lalu dia tidak berhasil mendapatkan yang ia inginkan itu pada kali yang pertama, maka dia patah semangat seraya berkata: "Perkara ini membuatku capek". Dan ucapan seperti ini keliru, jangan menyerah.

Kemudian setelah berusaha melakukan sebab-sebab tersebut dan meminta pertolongan kepada Allah, jika anda tertimpa sesuatu yang menyelisihi apa yang telah anda perkirakan, maka jangan mengucapkan: "Seandainya aku melakukan begini dan begitu, pastilah hasilnya akan seperti ini dan itu", karena sesungguhnya kata "seandainya" itu akan membukakan pintu untuk syaithan.

Fathu Dzil Jalali wal Ikrom, Kitabul Jami', hal 249

0 Comment "Bersemangatlah"

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca...!!!

Thank you for your comments