Hakikat Kehidupan Dunia

Hakikat Kehidupan

Hakikat kehidupan ada dua,
1. Kehidupan dunia
2. Kehidupan akhirat

1. Kehidupan Dunia

Untuk biaa muhasabah diri dalam kehidupan dunia ini
Makna dunia dari segi bahasa, atau lugah antara lain :
- Dekat
- Hina
- Ujian
- Fatamorgana
- Dilaknat
Dalil :
1. Dekat
(Yaitu di hari) ketika kamu berada di pinggir lembah yang dekat dan mereka berada di pinggir lembah yang jauh sedang kafilah itu berada di bawah kamu. Sekiranya kamu mengadakan persetujuan (untuk menentukan hari pertempuran), pastilah kamu tidak sependapat dalam menentukan hari pertempuran itu, akan tetapi (Allah mempertemukan dua pasukan itu) agar Dia melakukan suatu urusan yang mesti dilaksanakan, yaitu agar orang yang binasa itu binasanya dengan keterangan yang nyata dan agar orang yang hidup itu hidupnya dengan keterangan yang nyata (pula). Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui, [8:42]

Bab: Zuhud RiyadusShalihin

2. Hina
Surah Al Mulk :
(67:2)

Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun, (67:2)

3.  Fatamorgana
Surah An-Nur : 39

Dan orang-orang kafir amal-amal mereka adalah laksana fatamorgana di tanah yang datar, yang disangka air oleh orang-orang yang dahaga, tetapi bila didatanginya air itu dia tidak mendapatinya sesuatu apapun. Dan didapatinya (ketetapan) Allah disisinya, lalu Allah memberikan kepadanya perhitungan amal-amal dengan cukup dan Allah adalah sangat cepat perhitungan-Nya. [ 24:39]

Sifat-sifat Dunia :
1. Kesenangan Yang Menipu
2. Permainan
3. Melalaikan
4. Bermegah-megahan
5. Berbangga-banggan
6. Kesenangan yang Memperdayakan

Sifat 1 sampai 5 ada dalam surah,
Al-Hadid : 20
Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.
[57:20]
Ali-Imran : 185

Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan.
[3:185]

ust.Arif

0 Comment "Hakikat Kehidupan Dunia"

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca...!!!

Thank you for your comments