Sabar


Oleh: @eanggirospidia
Kita harus meyakini dengan seyakin-yakinnya, bahwa Allah selalu ada bersama kita.
Dan Allah telah memberikan jaminan untuk kita dalam surah Al Baqarah ayat 286, bahwa " Allah tidak akan membebani seseorang melainkan sesuai kesanggupannya"
Dan Allah cinta dan ridha kepada orang yang sabar. Sebagaimana ditegaskan dalam firman-Nya : "Dan sabarlah sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (TQS Al Anfal : 46)
Dan Firman-Nya : "…Dan Allah mencintai orang-orang yang sabar." (TQS.Al Imran : 146)
Bersabarlah maka kita akan melihat betapa dekatnya kelapangan.
Barangsiapa yang muraqabah (merasa diawasi) Allah dalam seluruh urusan, ia akan menjadi hamba Allah yang sabar dan berhasil melalui ujian apapun dalam hidupnya.
Kesabaran yang didapatkan ini, berdasarkan pada petunjuk Allah dalam Al-Quran, surah At Thur ayat 48 : " Dan bersabarlah dalam menunggu ketetapan Tuhanmu, maka sesungguhnya kamu berada dalam penglihatan Kami, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu ketika kamu bangun berdiri"
Dan ketahuilah, bahwa barangsiapa yang mengharapkan Allah, maka Allah akan ada dimana dia mengharap.
Semua itu menunjukkan bahwa sabar ialah jalan yang terbaik bagi siapa saja yang menginginkan kebaikan dunia dan akhiratnya.
Dari shahabat Shuhaib bin Sinan, Rasulullah saw bersabda :
"Sungguh mengagumkan urusan orang mukmin, sungguh semua urusannya baik baginya, yang demikian itu tidaklah dimiliki seorang pun kecuali hanya orang yang beriman. Jika mendapat kebaikan (kemudian) ia bersyukur, maka itu merupakan kebaikan baginya, dan jika keburukan menimpanya (kemudian) ia bersabar, maka itu merupakan kebaikan baginya." (HR. Muslim)
Setiap amalan akan diketahui pahalanya kecuali kesabaran, karena pahala kesabaran itu, tanpa batas. Sebagaimana firman Allah SWT :
"…Sesungguhnya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan ganjaran/pahala mereka tanpa batas." (TQS : Az Zumar: 10) #duniajilbab

0 Comment "Sabar"

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca...!!!

Thank you for your comments