MEREKA YANG MENGIKUTI JEJAK AHLUL KITAB

Intisari Tauhid [76]

MEREKA YANG MENGIKUTI JEJAK AHLUL KITAB

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: (لَتَتَّبِعُنَّ سَنَنَ مَنْ كَانَ قَبْلَكُمْ حَذْوَ الْقُذَّةِ بِالْقُذَّةِ، حَتَّى لَوْ دَخَلُوا جُحْرَ ضَبٍّ لَدَخَلْتُمُوهُ). قَالُوا: يَا رَسُولَ اللهِ، الْيَهُودُ وَالنَّصَارَى؟ قَالَ: ( فَمَنْ)؟ أَخْرَجَاهُ.

Dari Abu Sa'îd radhiyallâhu 'anhû, (beliau berkata), "Rasulullah shallallâhu 'alaihi wa sallam bersabda,
'Sungguh kalian akan mengikuti tradisi umat-umat sebelum kalian, bagaikan bulu anak panah yang serupa dengan bulu anak panah lain. Hingga, kalau mereka masuk ke dalam liang dhabb, niscaya kalian akan masuk pula ke dalamnya.'
Para sahabat bertanya, 'Wahai Rasulullah, apakah (mereka adalah) Yahudi dan Nashara?'
Beliau menjawab, '(Ya), siapa lagi (kalau bukan mereka)?'."
Dikeluarkan oleh keduanya (Al-Bukhâry dan Muslim).

Nabi shallallâhu 'alaihi wa sallam mengabarkan suatu kabar yang maknanya adalah pelarangan terhadap apa yang dikandung dalam kabar tersebut yakni: bahwa umatnya tidak akan meninggalkan sesuatupun dari apa-apa yang biasa dilakukan oleh orang-orang Yahudi dan Nashara melainkan pasti ia kerjakan seluruhnya. Tidak ditinggalkannya darinya sedikitpun, meskipun itu adalah sesuatu yang sepele. Kabar ini dikuatkan dengan beberapa jenis penegasan; yaitu huruf lâm sebagai pijakan sumpah, nûn taukîd, serta penyifatan keserupaan mereka dengan orang-orang Yahudi dan Nashara seperti serupanya satu bulu yang ada pada anak panah dengan pasangannya, bulu yang lain, kemudian penyifatan keserupaan itu dengan penyifatan yang sangat tajam menggambarkan penyerupaan terhadap mereka, bahwa seandainya mereka (orang-orang Yahudi dan Nashara) melakukan suatu kebodohan yang aneh, pasti di dalam umat ini ada yang akan melakukannya karena menyerupai mereka.
Pada hadits ini, terdapat dalil yang menunjukkan akan terjadinya kesyirikan pada umat ini karena hal itu ditemukan pada umat-umat sebelum kita, dan di kalangan umat ini akan ada orang yang berbuat (kesyirikan) disebabkan oleh mengikuti (umat-umat sebelum kita).

Faedah Hadits
1. Terjadinya kesyirikan pada umat ini karena mengikuti umat-umat yang mendahuluinya.
2. Suatu tanda di antara tanda-tanda kenabian, yang beliau mengabarkan hal itu sebelum terjadinya, kemudian benar-benar terjadi sebagaimana yang dikabarkannya.
3. Peringatan terhadap (bahaya) menyerupai orang-orang kafir.
4. Peringatan terhadap kesalahan yang orang-orang kafir terjatuh ke dalamnya, berupa kesyirikan terhadap Allah dan selainnya di antara hal-hal yang Allah Ta'âlâ haramkan.

[Diringkas dari Kitab Penjelasan Ringkas Kitab Tauhid karya Syaikh Shalih Al-Fauzan]

Sumber : Markaz Dakwah untuk Bimbingan dan Taklim

0 Comment "MEREKA YANG MENGIKUTI JEJAK AHLUL KITAB"

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca...!!!

Thank you for your comments