Nasehat Indah Untuk Para Suami dan Calon Suami

Ada seorang lelaki menghadap khalifah Umar bin Khatab. Dia ingin mengadukan dan meminta nasehat terkait tabiat istrinya yg buruk. 
Sesampainya di depan rumah khalifah, dia tercekat. Melihat dan mendengar istri khalifah Umar ternyata tidak berbeda dengan istrinya. Marah-marah di depan khalifah, sedangkan beliau hanya diam tidak menjawab. 
Lelaki tadi kemudian beranjak pergi sambil berkata, 
"Amirul mukminin saja kondisinya sepertinya ini, bagaimana denganku?" 
Khalifah Umar keluar rumah. Melihat ada lelaki yg ingin menemuinya pulang lagi, beliau memanggilnya mendekat. Kemudian beliau bertanya, 
"Apa keperluanmu?". 
Dijawab,"Wahai amirul mu'minin, saya menghadap ingin mengadukan perangai buruk istriku. Dia selalu memarahiku. Kemudian setelah aku mendengar ternyata istri anda juga memiliki perangai yg sama, akhirnya aku pulang saja. 
Khalifah Umar berkata,"Aku bersabar dengan semua ini karena hak-hak istri yg seharusnya menjadi kewajibanku. Dia memasak makananku, membuatkan roti untukku, mencuci bajuku, dan menyusui anakku. Padahal semua itu bukan kewajibannya. Belum lagi, dengan keberadaan istriku di sampingku hatiku tenang tidak tergoda untuk melakukan hal haram (zina dll). Aku sabar karena semua ini".  
Lelaki tadi menimpali, "Wahai amirul mu'minin, demikian juga istriku." 
Khalifah menasehatinya, "Bersabarlah wahai saudaraku. Semua ini hanya sebentar." [bangkuceria/MurtakibudzDzunub]

0 Comment "Nasehat Indah Untuk Para Suami dan Calon Suami"

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca...!!!

Thank you for your comments